Senin, 14 April 2008

Evolusi Musik Punk



“Sejak awal ditemukannya genre musik punk oleh Sex Pistols, band punk asal Inggris, kini musik punk terus mengalami perkembangan. Setelah masa kejayaan melodic punk berlalu, kini giliran dance punk yang menguasai dunia musik.”

Masa kejayaan Rancid atau The Ramones memang telah berlalu, tergantikan oleh “new born of punk” antara lain blink 182, SUM 41 ataupun New Found Glory. Permainan nada yang melodius serta musik yang catchy membuat band-band melodic punk menjadi sangat digemari beberapa waktu lalu. Namun tren akan hal tersebut perlahan memudar seiring munculnya band-band baru seperti Franz Ferdinand, The Killers, Arctic Monkeys, atau yang paling fenomenal di tahun 2007 lalu, Panic! At The Disco.

Sindrom musik yang menawarkan distorsi gitar yang dinamis serta sound musik yang danceable ini memang sedang melanda dunia. Percampuran unsur rock 80-an serta kecanggihan teknologi menjadi dasar musik yang lebih dikenal dengan sebutan dance punk. Cabikan bass yang menghajar telinga, bersatu padu dengan sayatan gitar serta hentakan drum yang begitu memancing adrenalin untuk mengikuti irama. Ditambah sampling-sampling yang dihasilkan oleh synthesizers digunakan sebagai aksen yang indah dalam sebuah lagu.

Perkembangan electro musik di Eropa menjadi salah satu penyebab mewabahnya dance punk di dunia. Dance punk dijadikan influence terpenting dalam musik yang mereka mainkan. Franz Ferdinand disebut menjadi salah satu pelopor berkembangnya dance punk di dunia. Hal ini terbukti dengan menjamurnya band-band yang sejenis belakangan ini seperti Kaiserchiefs, Hard-Fi, The Rakes, Arctic Monkeys, Panic! At The Disco, Fall Out Boy,dll.

Dance Punk sendiri awalnya muncul pada tahun 70-an di New York dan Inggris. Pada awal 90-an kita juga pasti mengenal Duran-Duran, band yang sangat kental akan influence dance punk-nya. Dengan betotan bass yang dipadukan dengan ritem dance yang kental, musik ini pun terus mengalami perkembangan dengan kekayaan unsur yang dimilikinya. Sebagai contoh, perpaduan sound gitar yang beraroma funk serta bassline yang rapi ditambah dengan synthesizers, drum machine, dan teknologi musik lainnya. Perpaduan inipun menghasilkan musik yang ngebeat dan enak dipakai untuk menari di lantai dansa, namun tetap dengan ciri khas musik punk yang kental. Dan musik inilah yang dikenal sebagai dance punk. Dance punk pun dapat dikatakan sebagai “evolution of punk music”.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
http://www.infogue.com/
http://www.infogue.com/musik/evolusi_musik_punk/

Anonim mengatakan...

kok isinya sejarah??


anak sejarah ya mas?

Alfie mengatakan...

Well everything must change. just like those musics.

Smile please!!

DANz mengatakan...

tukeran link yuk